Secangkir Kopi Pahit Kental | Warung Kopi di Malang

Ah sial, water heater-ku (pemanas air) rusak lagi, padahal belum juga dua bulan. Kabel colokannya meleleh, logamnya lepas dari rumahnya. Mungkin gara-gara terlalu lama memanaskan airnya, udah gitu sering kelupaan terlalu asyik natap layar monitor. Kalau udah gini, jadi nggak bisa buat secangkir kopi pahit kental (KPK) deh hari ini, terpaksa ngopi-nya di warung kopi.

Bicara soal kopi pahit versiku, jadi teringat ngopi tadi pagi dan kemarin malam. Tadi pagi jam 4an gara-gara perut keroncongan, lari deh ke warung 24. Pesan mie telur+nasi dan juga kopi pahit, dan ternyata rasa kopinya semakin memburuk hadeeeew. Kalau aku rasakan kelihatannya kopi yang digunakan kopi merah kelas 3, dan airnya juga rasanya ampang. Tapi aku bisa memaklumi karena warungnya memang bukan kedai kopi murni, tapi juga jualan makanan.

Kalau yang kemarin malam, aku ngopi di RB Coffe sambil wifi-an. Penjualnya pun sudah akrab denganku, apalagi dia juga berasal dari gresik. Aku pun sering melayangkan kritik terkait dengan racikan kopi yang dibuatnya, alhasil akhirnya sesuai dengan seleraku. Tapi entah mengapa, mungkin orangnya lagi galau, belakangan ini kopi yang dibuat sering tidak stabil rasanya dan yang paling parah kemarin malam.

Kopi pahit kental yang disuguhkan rasanya manis dan nggak karuan. Aku pun akhirnya pesan lagi dan menyuruh penjual lainnya, yang sebelumnya juga sudah aku kasih tahu bagaimana takaran perbandingan kopi:gula seleraku. Dan sialnya, hasilnya kembali nggak memusakan, kesalahannya terletak pada cara mengaduk kopi dan airnya terlalu lama dipanaskan.

Secangkir Kopi Pahit Kental

Aku memang terbilang paling rewel untuk masalah kopi. Dimanapun warung yang aku kunjungi, aku selalu melayangkan kritikan yang tentunya sambil guyonan biar nggak menyakiti hati. Emmm bukannya sok pinter mengenai kopi, tapi aku sudah menyukai kopi pahit 8 tahun silam dan juga berkelana ke berbagai kedai kopi. Jadi aku bisa merasakan ketidaksesuaian apabila ada yang nggak cocok di lidahku.

Jika KPK pesananku nggak sesuai, ya pesan lagi biarpun bayar double. Tapi kalau lagi bad mood, yang aku biarkan saja, nggak aku minum. Dan nggak jarang juga kopinya aku tuangkan ke leper/lepek tapi nggak aku tinggal, biar penjualnya merasa dan mengoreksi diri.

Takaran Secangkir Kopi Pahit Kental versiku
1. Perbandingan kopi dan gula juga harus memperhatikan tipe/kelas kopi yang digunakan, termasuk juga racikan/campuran dari kopi itu sendiri. Selain itu juga faktor gula juga berpengaruh, tapi kebanyakan sih gula yang digunakan di kedai kopi tuh gula kiloan.
2. Secara umum takaran secangkir kopi untukku, 3 sendok teh Kopi : 15-25 butir Gula. Hayo kira-kira sendiri...
3. Model cangkirnya seperti gambar di atas, rasanya lebih maknyus. Dan tutupnya pun harus keramik, bukan plastik.
3. Untuk airnya, paling enak tuh air pertama. Maksudnya air yang direbus pertama kali, bukan air yang terus ditambahkan/sudah matang.
4. Perhatikan konsep air matang yang benar.

----- Kedai Kopi di Malang -----

Warung Kopi AGP
Nyari kopi di malang memang cuma ada satu tempat, yaitu AGP, tapi sayangnya warung AGP Nduwur sudah ditutup dan tinggal AGP Ngisor. AGP Ngisor sendiri memang nggak terlalu jauh tapi tetap saja bagiku yang pemalas itu kejauhan, jadi kesana cuma jarang-jarang.

Kedai kopi AGP menyimpan banyak cerita tentangku, secara aku sudah menjadi pelanggan setia sejak pertama kali menginjakkan kaki di malang. Biarpun kualitas kopinya sekarang menurun tapi tetap saja terbaik di malang. Dan kalau aku kesana, aku hanya mau dibuatkan oleh Arip/Awik yang sudah mengerti bagaimana cara meracik kopi pahit kental seleraku.

Warung Kopi Sahabat
Kalau yang ini, kopinya berasal dari cak-ri gresik. Kopinya sih lumayan tapi masih kalah dengan kopi agp yang berasal dari gresik juga. Untungnya sih yang membuat Anton/Tikus mantan pegawai AGP, jadi racikannya OK dan orangnya sudah mengerti seleraku.

Kedai kopi sahabat ini sekarang sering jadi tempat nongkrongku karena tempatnya dekat. Selain itu juga bisa kumpul lagi bersama para sesepuh agp dulu, kang robert dkk.

Warung Kopi lainnya
Joker - Aku sekarang sudah jarang sekali kesana semenjak jarang ke kampus dan Unyil sudah tidak lagi disitu. Kalau untuk kopinya sekarang nggak tahu, tapi kalau dulu sih kopinya cak-ri.
Unyil - Si unyil ini mantan pegawai agp yang akhirnya membuat warung joker bersama temannya dan akhirnya membuat warung sendiri. Aku hampir nggak pernah kesana karena tempatnya yang jauh.
Garasi
Gapura
dll

Wah ternyata aku sudah bicara panjang lebar, sebenarnya masih banyak yang ingin aku tulis. Dan sebelum aku mengakhiri coretanku ini, nih ada sedikit tips buat anda para pecinta kopi.

- Kalau kurang mengerti tentang kopi, tanyakan dulu pada teman anda yang mahir. Jadi anda bisa menuju ke warung kopi mana yang dituju.
- Jangan pernah berharap kopi yang anda minum di kedai kopi tuh tipe/kelas kopi no. 1, rata-rata semuanya tuh no 2 dan sudah diracik.
- Jadilah VIP Member, maksudnya jadilah pelanggan setia dan akrablah dengan pegawainya. Karena dengan begitu, anda akan dibuatkan kopi yang khusus dan enak.
gabayar
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

2 komentar:

  1. Saw that you joined my blog Menopausalmother! Thank you very much! I just joined yours too on your Google Friend Connect. It appears under the name Marcia Doyle, but that is me!

    BalasHapus
  2. musti coba tuh apalagi bagi pencinta kopi, kalau aku sih pencinta kopi dan biasanya aku manfaatin kopi buat kecantikan :)

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak.