Teman Kerja Walau Sebentar tapi Menyenangkan

Melihat sana-sini, akhirnya aku putuskan kembali dulu ke Kota Malang. Karena lagi krisis, jadi aku tinggalnya menumpang di rumah teman yang tinggal berdua dengan temanku juga. Demi sebungkus rokok dan secangkir kopi, serta kebutuhan memasak, aku pun menaruh lamaran kerja di berbagai tempat. Kerja seadanya asal bisa bertahan dulu, sambil menunggu kabar pekerjaan yang lebih baik di kota asal.

Niatnya ingin bekerja tentang hal-hal yang berbau internet dan komputer, tapi nggak ada yang dipanggil. Akhirnya aku bekerja di usaha dagang yang bergerak di bidang produksi roti. Walaupun tidak sesuai dengan keahlian dan bidangku, tapi ternyata membuat roti itu sangat menyenangkan. Terlebih lagi, teman kerja yang asyik, isinya penuh canda tawa.

Pekerjaan akan terasa mudah dan menyenangkan jika rekan kerjanya mengasyikkan.

Baru beberapa hari aku bekerja, aku diajak temanku untuk daftar jadi CTKI Korea yang sudah dibuka oleh BNP2TKI. Aku pun mendaftar secara online, dan tanggal ujiannya masih lama sekitar dua bulan lebih. Biarpun begitu, dengan berbagai pertimbangan, akhirnya aku putuskan berhenti bekerja disana. Dua minggu lebih, waktu singkat namun sangat berarti, dan untung saja aku masih mendapat gaji biarpun nggak banyak.

Alasan utama resign adalah ingin mengikuti les bahasa korea dan meluangkan waktu lebih banyak untuk belajar. Disana jam kerjanya dari jam 7 pagi hingga 4 sore, tapi sering pulang jam 5an. Belum lagi, cafe yang baru dibuka dengan menu pizza dan burger, pembagian tugasnya kurang jelas.

Sekilas tentang UD Nikmat dan Pizza Ndeso
Usaha ini letaknya di daerah Tegalgondo, di balakang kampus UMM Malang. Ada tiga jenis usaha di tiap lantai, lantai bawah melayani pemesanan prasmanan dan catering. Lantai satu bagian produksi roti, dan lantai atas yaitu cafe baru.

Jadi kalian yang tinggal di daerah malang, bisa mampir kesana. Kalian juga bisa memesannya, nanti dikirim. Whatsapp pemiliknya pak ali 0813-3415-2995.

pizza ndezo malang

Special thanks to pemilik Ibu Dwi sekeluarga yang sangat baik. Partner kerja mas fauzan, mbak mudah, mbak caca, mbak nur, dan ibu wahyu. Serta lainnya :)
Success for aku dan kalian. Sehat selalu dan tetap di jalan yang diterangiNya.

Saat Verifikasi Dokumen Pendaftaran CTKI Korea di Unitomo

Tanggal 27 Januari 2017, BNP2TKI mengumumkan bahwa bagi calon tki Korea Selatan sektor manufaktur yang sudah melakukan prapendaftaran agar melakukan verifikasi dokumen. Untuk tempat proses verifikasi dilakukan di 22 Kota, kalau aku kebagian di kampus Unitomo Surabaya untuk wilayah Jawa Timur.

Saking banyaknya yang mendaftar, di setiap kota dibagi beberapa hari, dan setiap harinya seribu lebih ctki. Bisa dibayangkan, betapa antrinya, banyak yang sudah mengantri sebelum shubuh. Aku yang kebagian tanggal 2 Februari berniat kesana jam 3 pagi dari Malang ke Unitomo, agar nyampai disana sebelum jam 5 pagi. Tapi apa daya hujan terus, jadi malas dan ketiduran :(.

Beranjak siang aku baru berangkat, sekitar jam 13.30 baru tiba. Banyak bus yang parkir, sepertinya rombongan dan kebanyakan mungkin dari lpk. Nomor antrianku 1226, saat itu nomor yang dipanggil kisaran 500an. 'Ah, sepertinya aku harus menunggu hingga malam', keluhku. Biar nggak bosen nunggu, aku habiskan dengan nongkrong di warung kopi lalu ngobrol dengan ctki lainnya.

Habis maghrib, barulah nomor 1226-1250 dipanggil. Di lantai 4, kami disuruh untuk membeli map/amplop khusus, mahal banget 10.000 padahal harganya paling cuma seribuan. Di lantai 5 untuk proses verifikasi ternyata harus mengantri lagi, huft. Jam 20.00 baru kelar semuanya, biarpun banyak loket.

Bagaimana Proses Verifikasi Dokumen CTKI?
Verifikasi dokumen bertujuan untuk mengetahui keaslian data yang dikirim saat prapendaftaran online, termasuk juga memperbaiki data yang salah/keliru. Map yang dibeli tadi, kita isi dengan bukti pembayaran prapendaftaran, ktp, formulir prapendaftaran, buku bank, pasfoto, dan ijazah.

Penjaga loket bertanya dengan data diri kita, terus kita difoto dengan cam yang ada di laptopnya. Kemudian kita dites sidik jari jempol kanan dan kiri. Selanjutnya kita diberi kertas berisi data dan nomor ujian, dan disuruh menempelkan 2 buah pas foto dan fotocopy hasil scan ktp di kertas tersebut. Pindah ke loket lainnya, kertas nomor tes eps-topik tersebut dibagi dua, satu untuk bukti disana dan satunya untukku.

Saat menuju ke tempat parkir motor, dan asal tau aja bayar parkirnya mahal juga 5ribu. Karena gelap, dan saat mencari karcis parkir sambil jalan. 'gedebluk', kaki kananku jatuh ke got. Duh apes banget, langsung deh aku guntung aja celanaku.

Oia aku berangkat kesana dengan temanku, namanya Mardiansyah tapi nggak ikut verifikasi cuma nganterinku. Rumah orang tuanya di Surabaya, sekitar Tugu Pahlawan, jadi malamnya menginap disana.

NO SEO, Nulis Gaya Bebas dan Lepas

Artikel terbaru yang aku tulis sudah nggak mempedulikan seo (search engine optimization) lagi, asal nulis saja dengan gaya semauku. Terserah nanti lama diindeks atau bahkan tidak dirayapi mesin pencari google, bing dan lainnya. Pokoknya aku rajin nulis dan menuangkan apa yang ada di dalam kepalaku.

Kiat-kiat seo memang penting dalam menulis artikel untuk sebuah blog/website. Selain agar postingan bisa bersaing di hasil penelusuran mesin pencari, tetapi juga memudahkan pengunjung untuk membacanya. Tapi menggunakan teknik seo secara berlebihan juga kadang menyusahkan dan menjengkelkan para pembaca.

Artikel SEO itu seperti apa?, mudah banget untuk menilainya. Anda tinggal menerapkan tulisanmu di wordpress dengn menggunakan plugin Yoast. Nanti akan dikasih saran agar artikelnya seonya bagus, seperti penggunakan keyword, jumlah huruf, penggunaan link, dll.

Nulis gaya bebas dan lepas lebih mudah, tinggal menuangkan isi pikiran tanpa harus menganalisis lagi. Biarpun begitu, aku berharap setiap artikelku bermanfaat bagi para pembaca.

Pertahankan Semangat Walau di Musim Hujan

Seminggu terakhir, Kota Malang diguyur hujan tiap sore hari. Bahkan, sering juga hujan turun dari siang hari hingga malam. Akibatnya, hawa dingin yang menyelimuti setiap gerak-gerik menghanyutkan kita ke jurang rasa malas, Penyakit umum pun menghantui, seperti flu, masuk angin, demam, dll.

Kalau aku versi dulu mungkin terlelap dalam dunia kemalasan di musim seperti ini. Tapi sekarang, aku harus tetap mempertahankan semangat agar tak terpeleset lagi. Bekerja demi sebungkus rokok, dan belajar demi lolos menjadi tki korea.

Pagi-pagi mandi dengan air yang dingin, bersiap berangkat kerja di suhu yang dingin. Padahal jam segitu dengan hawa dingin enaknya tidur ha ha. Pulangnya sore hari, dan sudah dipastikan turun air hujan. Jadi harus pakai jas hujan agar sampai di rumah. Malam yang dingin, badan juga pegal-pegal, tapi aku wajib belajar bahasa korea.

Pokoknya jangan sampai kehilangan semangat dan harus menjaga kesehatan. Percuma semangat saja, tapi badan sakit.

Lagu Cengeng Membuat Hati dan Mentalmu Rapuh

Lagu-lagu pop di Indonesia tiap tahun semakin menurun, payah banget lah. Aliran pop memang kental dengan tema percintaan. Tapi belakangan ini semakin nggak jelas, yang ditekankan cuma suara vokalis. Krearifitas alat musik lain nyaris hilang. Dan rasanya nek gimana gitu, kalau di cafe musik yang diputar melas amat.

Coba bayangkan, sudah lagu tentang percintaan, musiknya pop slow dan mellow banget, apalagu suasananya sepi dan sendiri. Pastilah mereka yang mendengarkan akan tenggelam dalam tiap liriknya. Ujung-ujungnya ngelamun dan mbatin, memposisikan diri kayak di lagu tersebut.

Lirik lagu yang dipadukan dengan alunan nada bisa mempengaruhi kondisi perasaan dan mental seseorang. Jadi behati-hatilah mendengarkan lagu, terutama di kondisi tertentu, khusunya para cewek.

Kalau aku lebih suka mendengarkan lagu barat, yang paling sering aliran symphinic dan gothic, seperti, Nightwish, Within Temptaion, Epica, Tarja, dll. Biarpun genrenya begitu, tapi lirinya banyak yang bagus. Kalau lagu pop indo, aku lebih memilih lagu-lagu lama, dan masih suka mendengarkan lagunya bang iwan fals, kaka, ariel, duta, dan mbak momo.