Persiapan Usai Ikut Prapendaftaran G2G BNP2TKI

Mencari kerja di Indonesia serba susah. Mulai dari susah nyari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan gaji, hingga susah ngumpulinnya. Ya mungkin saja karena aku masih lajang, jadi nggak bisa simpan duit, belum lagi penyakit sesat yang sering kambuh :p.

Temanku yang pernah bekerja di Korea selatan mengajakku kesana. Awalnya sih ragu, tapi daripada disini nggak ada perkembangan, akhirnya ikut saja, mungkin disana hidupku menjadi lebih baik. Untuk prapendaftaran bidang manufaktur batas terakhirnya besok, 22 Januari 2017.

Kemarin setelah mendaftar secara online di bnp2tki.go.id dan membayar sekitar 325rb, sekarang tinggal menunggu proses verifikasi dokumen dan pengambilan kartu ujian. Bisa dibilang ribet kalau mau jadi tki di korsel, ada dua tahap ujian yakni ujian EPS-topik dan uji skill dan kempetensi.

Ujian eps-topik dilaksankan tanggal 1-2 April 2017. Aku harus rajin belajar bahasa korea dan ikut les biar lulus ujia tersebut. Untung saja dulu suka nonton drama korea, sedikit banyaknya tahu dan terbiasa mendengarnya.

Kalian para pembaca budiman, doakan aku ya biar bisa lulus seleksi menjadi tki di korea selatan. Dan jika kalian pernah menjadi tki disana, beri masukan tips-tipsnya biar bisa lulus.
gabayar
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.