Penyebab dan Solusi Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak pasti setiap orang tidak menginginkannya apalagi yang sangat memperhatikan aspek kesehatan dan kecantikan. Hal tersebut membuat raut wajah tampak kusam, terlebih di lingkungan yang kotor dan berdebu. Dengan mudah kotoran akan menempel kulit kita, yang nantinya bisa memunculkan komedo dan jerawat. Dan yang lebih parah dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Lalu apa sebenarnya sebab muka berminyak atau oily face dan bagaimana solusinya. Berikut ini pembahasan lengkap dari pengalaman pribadi dan berbagai artikel lalu ku olah dengan rapi.

oily face skin

Penyebab Kulit Wajah Berminyak
1. Gen Keturunan
Faktor keturunan sangat berpengaruh terhadap fisik dan sifat anak. Jadi jika salah satu orang tua anda wajahnya berminyak dan anda pun begitu, berarti penyebab muka anda berminyak adalah dari gen keluarga.

2. Hormon
Ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh kita dapat memicu wajah menjadi berminyak. Hal ini terutama terjadi ketika seseorang pada masa puber maupun kehamilan.

3. Pola Hidup
Pola hidup yang tidak sehat tentu berakibat langsung pada kondisi fisik tubuh anda, salah satunya menjadikan wajah tidak sehat. Kebiasaan ini seperti jarang berolahraga, mengkonsumsi alkohol dan obat-abatan.

4. Pola Makan
Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, mengandung minyak dan santan secara berlebihan dapat meningkatkan kadar minyak di dalam tubuh anda. Dalam hal ini juga anda kurang mengkonsumsi vitamin dan nutrisi.

5. Kosmetik
Kesalahan memilih kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit muka akan mengakibatkan kerusakan wajah anda. Terlebih merek kosmetik tersebut mengandung zat-zat berbahaya.

Tips Mencegah Muka Berminyak dan Kusam
Dari penjelasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bagaimana upaya pencegahan wajah berminyak. Dan tentu saja anda harus memperhatikan poin 2-5 di atas.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
1. Rutin Eksfoliasi
Eksfoliasi atau mengikis sel kulit mati menjadi kunci agar wajah bersih dan tampak segar. Anda bisa melakukan scrub, facial atau peeling seminggu sekali untuk menghilangkan sel kulit mati. Dengan cara tersebut minyak di wajah akan lebih terkontrol.

2. Pembersih Wajah Khusus
Pilihlah pembersih wajah yang khusus untuk wajah berminyak yang dapat mengontrol minyak yang mengandung salicylic acid atau purifying clay yang aman digunakan setiap hari untuk menutup pori-pori yang besar dan terhindar dari minyak berlebih.

3. Toner
Hindari menggunakan toner yang memiliki kadar alkohol tinggi. Produk tersebut memang bisa membuat kulit segar dan bebas minyak, tapi hanya dalam jangka waktu pendek. Kandungan alkohol yang tinggi dapat membuat masalah baru seperti memicu tumbuhnya jerawat.

4. Mencuci Muka
Jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat membuat kulit kering dan memproduksi minyak semakin banyak lagi. Lebih baik gunakan produk pembersih yang bebas bahan kimia untuk mengurangi iritasi pada wajah dan tidak membuat kulit kering, dan oleskan pelembab setelah mencuci muka.

5. Mineral Make-up
Penggunaan produk-produk riasan berlabel mineral dapat mencegah kulit dari jerawat ketika menggunakan make-up. Pertama-tama adalah menggunakan primer. Primer membuat foundation bisa menempel sempurna pada wajah, sehingga make-up akan awet seharian. Dasar make-up tersebut juga dapat menyerap minyak berlebih di wajah.

Lalu pulaskan foundation terbaik anda untuk meratakan warna wajah. Terakhir, taburkan bedak bubuk yang berfungsi untuk menyerap minyak dan membuat bedak tahan lama. Hindari produk make-up yang bertekstur creamy, seperti blush on dan eye shadow cream. Produk-produk tersebut dapat membuat kulit semakin terlihat mengkilap.

alt

Perawatan Wajah Berminyak dengan Obat Tradisional
1. Buah Jeruk Lemon
Salah satu khasiat lemon adalah dapat mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah dan dapat mengangkat kotoran pada wajah.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, peras lemon yang berukuran sedang lalu campur dengan air es. Selanjutnya basuh kulit wajah dengan air perasan tersebut, sambil memijat secara perlahan dengan gerakan pijat ke arah atas lalu diamkan hingga 15 menit. Terkahir, bilas wajah anda dengan air bersih.

2. Daun Seledri
Daun Seledri selain biasa digunakan sebagai bumbu masak, ternyata daun ini juga mempunyai khasiat bagi perawatan kulit wajah.

Untuk penggunaannya, masaklah air hangat di panci. Potong daun seledri menjadi kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam panci. Rendam selama 15-20 menit, setelah itu diamkan 20-30 menit agar menjadi dingin. Tahap berikutnya, oleskan air seledri tersebut ke seluruh wajah hingga meresap dan mengering. Setelah itu, bersihkan dengan air bersih.

Demikianlah tips kesehatan terkait Penyebab dan Solusi Kulit Wajah Berminyak, semoga bermanfaat dan mampu membantu anda memerangi wajah berminyak.
gabayar
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Agar terhindar dari kulit wajah berminyak tentunya harus rajin mencuci dan membersihkan wajah agar tidak terjadi penyumbatan pori-pori, jangan lupa untuk menggunakan cream wajah untuk memberikan perlindungan dan nutrisi yang cukup yang dibutuhkan oleh kulit.

    BalasHapus
  3. salam kenal, kunjungi balik juga ya


    salam kenal ya admin

    pengertian kulit kering dan kulit berminyak

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak.