Dilema Menulis Para Blogger Beritikad Baik

Menulis di blog merupakan hal yang menyenangkan karena selain sebagai tempat penyimpanan tulisan yang aman, juga ada yang membaca dan memberikan tanggapan. Akan tetapi, hobi maupun pekerjaan tersebut terkadang membuat kita naik pitam tatkala tulisan kita ternyata diplagiat 80-100% oleh blogger lain tanpa izin. Apalagi artikel dari hasil plagiat tersebut menggeser posisi artikel kita di mesin pencari Google, Bing, Ask, dll. Hal ini sering terjadi jika blog anda kualitasnya masih sangat buruk, sedangkan blog si plagiator sudah sangat baik (seo friendly).

Jika sudah seperti itu kondisinya, motivasi menulis anda akan berkurang dan semakin berkurang, hingga akhirnya anda akan meninggalkannya. Dan parahnya, anda akan 'membalas dendam' karena itikad baik dan karya sastra anda tidak dihargai oleh orang lain. Dengan kata lain, anda terpengaruh untuk menjadi seorang plagiat terutama anda mulai berorientasi pada penghasilan online.

Dilema Menulis Blogger

Saran:
Jika anda berencana untuk membuat blog yang berisi tentang karya seni dan pengetahuan anda dari hasil usaha anda sendiri, ada baiknya anda belajar dasr seo terlebih dahulu. Hal ini agar setiap posting anda dengan cepat terindek oleh mesin pencari, khususnya Google.

Kalau saya pribadi sekarang sudah tidak peduli lagi apakah tulisan saya 'dibajak' atau tidak, tapi tidak untuk karya puisiku. Bukan berarti saya seorang plagiat, saya tidak pernah menyalin penuh tulisan orang lain. Saya hanya menjadikannya sebagai salah satu referensi dalam tulisanku, ya semata-mata untuk mempermudah para pembaca.

Dan untuk belakangan ini, sudah sebulan lebih tidak pernah membuka blog, jadi tidak ada posting terbaru. Banyak sekali komentar yang tidak saya balas, jadi maaf sudah membuat anda para pembaca kecewa. Untuk berikutnya, doakan saya agar tidak lagi malas mengisi artikel di blog arti kehidupan.
gabayar
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

2 komentar:

  1. Apa itu seo mbk???cr tai...ngeri juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. y semacam itulah, :D
      nanti rencanya kalau nggak males, ane bahas lengkap di blog ini satu persatu

      Hapus

Berkomentarlah dengan bijak.