Teman Sejati Terbatas Ruang dan Waktu

Teman sejati kalau menurutku frase tersebut dapat disamakan dengan sahabat. Dalam kehidupan, aku membagi beberapa kriteria teman dari berbagai aspek, salah satunya dari segi kedekatannya. Mengapa harus dibagi, bukankah mereka sama dan setara?. Secara umum mereka memang mempunyai kedudukan yang sama, yakni penyandang hak dan kewajiban sebagai seorang teman. Tapi dalam keadaan tertentu, kita patut membedakannya mengingat setiap orang mempunyai sifat yang berbeda, status sosial dan lingkungan yang berbeda, tingkat keakraban, dan lainnya.

Teman Sejati

Timbulnya Ikatan Pertemanan
Ikatan pertemanan timbul secara naluri karena manusia adalah makhluk sosial Homo Homini Socius. Pertemanan juga terbentuk karena adanya faktor kepentingan. Jika dilihat lebih jauh lagi, kelangsungan pertemanan terjadi karena kepentingan, entah itu rasa nyaman, kedudukan, kesepian, dan sebagainya.

Penggolongan Teman Berdasarkan Keakraban
1. Teman Kenal
Teman kenal terbentuk dari kurangnya keakraban dan pengenalan satu sama lain. Jadi bisa dibilang mereka adalah orang yang baru kita kenal, lalu tidak ada hubungan lebih lanjut. Kalaupun ada kelanjutan, itu pun hanya sekedar adanya kepentingan sesaat.

2. Teman
Teman merupakan sebagai bentuk tindak lanjut dari teman kenal, jadi dalam hal ini ada hubungan simbiosis dan pola interaksi.

3. Teman Dekat
Teman dekat dibagi lagi menjadi dua, yaitu teman dekat karena keadaan dan jarak. Jadi mereka sering berada di dekat kita dalam kehidupan sehari-hari. Yang kedua adalah teman dekat yang dilihat dari kedekatan hubungannya, yang selanjutnya disebut teman akrab.

4. Teman Akrab
Pada tingkat ini, mereka mempunyai hubungan yang kuat dan selalu berusaha untuk mengerti satu sama lain. Mereka juga sering berbagi suka dan duka, serta rahasia.

5. Sahabat atau Teman Sejati
Sahabat adalah teman sejati seperti yang aku sebutkan di awal. Sahabat mengerti dan memahami kita dengan baik, mereka juga dapat diandalkan. Pokoknya sahabat adalah teman diantara para teman yang sangat spesial, terbaik diantara yang terbaik.

Arti Sahabat Sejati
Dalam kamusku, tidak ada arti yang cocok untuk menjabarkan arti sahabat sejati. Yang ada hanya sahabat, tanpa embel-embel lagi. Jadi sahabat sejati hanyalah sebuah istilah yang konotasinya dilebih-lebihkan, sebut saja seperti majas hiperbola. Sahabat sejati biasanya digunakan dalam cerita yang mendramatisir dan juga pada rangkaian kata mutiara.

Teman Sejati Terbatas Ruang dan Waktu
Teman sejati atau sahabat tidak akan berlangsung selamanya, pada ruang dan waktu tertentu ikatan tersebut akan sirna. Jadi jika anda membanggakan sahabat kalian, aku jamin 100% kelak anda akan melupakan dan dilupakan. Lalu faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkannya?, mari kita ulas.

1. Kematian
Jika teman sejati anda meninggal dunia, apakah anda akan tetap mendoakan dan mengingatnya hingga ajal juga menjemputmu. Tentu tidak, anda mungkin hanya mendoakannya kurang lebih setahun. Anda juga mungkin tidak akan mengingatnya lagi, terlebih saat anda beranjak tua.

2. Keluarga
Ketika anda sudah berkeluarga, hubungan anda dengan teman sajatimu akan menjadi renggang. Dan kebanyakan seiring dengan kompleksitas kehidupan, ikatan tersebut juga semakin renggang. Jadi tingkat pertemanan akan berubah, dari teman sejati akan menjadi teman akrab, teman dekat, teman dan bahkan teman kenal.

3. Jarak
Jarak menjadi faktor yang tidak bisa diabaikan begitu saja karena faktanya sekuat apapun ikatan pertemananan anda akan terkikis oleh jarak dan waktu. Misal, sahabat anda pindah ke luar kota karena pekerjaan dan hanya pulang setahun sekali, perlahan tapi pasti hubungan akan renggang dan tingkatannya pun akan berubah sesuai dengan penggolongan teman di atas.

4. Konflik
Meskipun sahabat adalah teman terbaik anda, tapi patut diingat manusia mempunyai sifat tercela seperti iri. Jadi dalam suatu kondisi tertentu, teman sejati anda bisa menusuk anda dari depan maupun belakang. Kalu sudah begitu, hubungan yang sudah terjalin akan hancur, dan dia akan menjadi musuh. Biarpun nantinya berbaikan dan saling memaafkan, dia akan turun tahta ke teman akrab dan seterusnya.

Kesimpulan
Teman sejati hanya terjadi pada ruang dan waktu tertentu, ikatan tersebut akan terkikis dan bahkan termusnahkan oleh ruang dan waktu. Jadi suatu saat teman sejati bisa berubah menjadi teman akrab, teman dekat, teman maupun teman kenal, bahkan musuh dan bukan teman. Begitupun dengan keempat penggolongan lainnya, suatu saat bisa menjadi teman sejati.

Sekian catatan yang dapat aku sampaikan dari kehidupan pertemananku, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada tambahan, sanggahan dan kritik terkait artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar.
gabayar
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

1 komentar:

  1. my friend is always far away from me.....when we get so close...my friend take college far away or get job far away or get married with pople wholiving far away from me...hiks

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak.