Membuka Format Ebook (Pdf ePub Azw Mobi iBa)

Pengertian Ebook
E-book (electronic book) adalah buku atau dokument digital yang bisa dibaca di berbagai perangkat/device dengan menggunakan aplikasi tertentu, baik di pc maupun mobile. Karena kemudahannya dan meningkatnya pengguna mobile, khususnya android dan apple, e-book banyak diminati karena bisa dibaca dimana saja dan kapanpun. Tentunya tanpa harus bera-berat membawa buku kesana-kemari, malu banget kalau dilihat orang.

Format File Ebook
Jenis-jenis ebook meliputi comic book archive, djVu, doc, docx, epub, fictionBook, html, iBooks, inf, kindle, microsoft reader, mobiPocket, multimedia eBook, newton book, eReader, plain text, plucker, portable document format, postScript, tome raider, openXps, dll. Tiap format ebook memiliki jenis file ekstensi yang berbeda, misalnya MobiPocket ekstensinya mobi dan prc.

Dalam hal membaca novel, jurnal dan majalah online, ekstensi format e-book yang sering ditemui adalah PDF, ePub, Kindle, mobi, dan iBA. Untuk pdf, anda mungkin sudah terbiasa, namun untuk yang lainnya, anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuka file kindle epub mobi dan iba?.

format ebook

Ebook Reader dan Ebook Store
Dalam pemasaran produk ebook, pihak terkait juga menyediakan aplikasi untuk membaca ebook dan memudahkan pembaca untuk mencari buku-buku digital yang dijual. Tiga produsen ebook yang terkenal:

1. Amazon Kindle
Aplikasi ini ditujukan khususnya bagi pelanggan ebook amazon. Tidak hanya file AZW, AZW3 dan KFX, Kindle dapat digunakan untuk membuka ebook lainnya, serta memungkinkan untuk mengkonversi ke kindle format.

Untuk menggunakannya, anda harus download aplikasi kindle yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan. Adapun jenisnya meliputi Kindle for iPhone, iPad, iPod touch, Android, PC (windows), Windows 8, Samsung, BlackBerry 10, Mac, Cloud Reader, WebOS, Windows Phone, dan Blackberry.

2. Nook
Kelebihan Nook dibandingkan dengan Amazon Kindle adalah anda lebih mudah mengimpor berbagai format ebook dengan Nook. Sedangkan, Kindle membatasi beberapa format saja. Download Nook dapat langsung dicari di market/store device kalian, seperti Play Store, iTunes dan Windows Store.

3. iBooks
iBook adalah aplikasi ebook reader untuk iOS dan OS X, jadi hanya dapat digunakan pengguna Apple. iBook hanya mendukung format ePub, PDF dan iBA (iBooks Author).

Aplikasi Gratis E-Book Reader
Berikut ini aplikasi yang hanya khusus untuk membuka dan menampilkan file ebook, tanpa ada market/storenya. Dan biasanya aku gunakan.

1. Adobe Reader
PDF (Portable Document Format) adalah jenis file ebook yang paling banyak digunakan karena kemudahannya untuk ditampilkan, diedit dan diprint di segala sistem operasi (operating system). Untuk membuka file pdf, banyak aplikasi yang bisa digunakan, dan yang paling terkenal adalah Adobe Reader.

2. Sumatra PDF
Sumatra PDF hanya dapat digunakan di PC/Laptop (OS Windows). Aplikasi ini sangat ringan dan tampilannya simpel, serta portabel. Format ebook yang didukung PDF, ePub, Mobi, XPS, DjVu, CHM, Comic Book (CBZ dan CBR).

3. FBReader
FBReader (Favorite Book Reader) merupakan aplikasi open source yang dapat diinstal di banyak platform seperti Android, Linux, Mac OS X, Windows, BlackBerry 10, dll. Kelebihan FBReader adalah mendukung banyak jenis ebook, seperti epub, epub 3, mobi, azw3, fb2, pdf, plain text, chm, pucker, dll.

Kekurangan FBReader adalah tidak bisa membuka ebook yang dilindungi (DRM-protected). Selain itu, untuk format ebook tertentu hanya bisa dibuka di device tertentu.

Dari artikel Membuka Format Ebook di atas, anda tinggal memilih aplikasi yang cocok digunakan untuk membaca file ebook di perangkat pc/laptop dan mobile kalian.
gabayar
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.