Penalti Sergio Ramos dan Andrea Pirlo ala Panenka

Sergio Ramos mencatatkan diri sebagai pemain ketiga yang berani dan sukses men-chip atau mencungkil bola saat mengeksekusi tendangan penalti ketika melawan Tim Portugal. Sehari sebelumnya, Andrea Pirlo juga melakukan hal yang sama kala menyingkirkan Tim Inggris. Torehan ini merupakan rekor tersendiri di ajang Uefa Euro, bahkan di turnamen Piala Dunia. Lalu siapakah yang pertama kali memperkenalkan gaya penalti ini?.

Penalti Sergio Ramos

Antonin Panenka adalah jawabannya, dia adalah pemain bintang cekoslovakia yang sukses mengeksekusi tendangan penalti saat melawan Jerman Barat di final Piala Eropa 1976 di Yugoslavia. Alhasil Cekoslovakia menjadi juara euro setelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 5-3 lewat drama adu penalti, setelah bermain 2-2 di waktu normal dan babak perpanjangan waktu.

Video Penalti Sergio Ramos dan Andrea Pirlo a lo Panenka
(Piala Eropa 2012)
video was removed due to copyright uefa

Fakta Beban Pemain:
  • Sergio Ramos mengakui bahwa dirinya sudah mempersiapkan penalti ala panenka, bahkan ia juga meminta kepada Del Bosque untuk memasukkan namanya sebagai algojo. Dia ingin membuktikan kepada publik bahwa dirinya adalah seorang pemain profesional, mengingat kejadian memalukan di semi final Liga Champions saat Real Madrid disingkirkan Bayern Munich melalui babak adu penalti.
  • Andrea Pirlo mempunyai kenangan buruk saat pertama kali mengeksekusi tendangan penalti ala panenka kala menghadapi FC Barcelona di pertandingan persahabatan pre-musim 2012. Tendangan penaltinya berhasil dibaca dengan mudah oleh Jose Pinto yang tidak beranjak dari posisi awalnya (lihat video di atas).

Video Penalty Antonin Panenka
(Cekoslovakia vs Jerman Barat Euro 1974)

Lalu tendangan penalti gaya mencongkel bola siapa yang lebih baik?. Melihat dari profesionalitas dan beban pemain, aku lebih condong pada Antonin Panenka karena dia berani melakukannya di babak Final Euro dan membawa negaranya juara. Sedangkan Andrea Pirlo dan Sergio Ramos di fase Semi Final.

NB:
  • Penalty ala Panenka adalah Tendangan penalti dengan gaya mencungkil (chip) bola lurus ke depan dan bola jatuh di tengah gawang.
  • Cekoslovakia, Yugoslavia dan Jerman Barat adalah negara dulu yang sekarang sudah tidak ada, ada yang melebur (Jerman) dan pecah (Cekoslovakia dan Yugoslavia).

Demikianlah info bola yang bisa aku bagikan terkait Penalti Sergio Ramos dan Andrea Pirlo ala Antonin Panenka, semoga terhibur dan menambah wawasan. Jangan lupa untuk mengikuti blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru dan berkualitas.

1 komentar:

  1. gan yang Your Android Stuff ganti jadi Drooid Today | your Android Stuffs

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak.