Lirik Tersirat Lagu Noah vs Peterpan

Fans Noah yang mengerti musik mungkin sedikit mengeluh atas lagu-lagu terbarunya dalam album Seperti Seharunya. Seperti halnya diriku yang juga ngefans dengan suara dan lirik yang dibuat ariel. Rasanya harapaku menanti ariel keluar dari rumah tahanan agar bisa mendengarkan karyanya lagi tidak terbalas sempurna.

Sound dan instrumen musik memang lebih baik, tapi bagaimana dengan Lirik dan Vokal. Dua hal ini patut dipertanyakan, berbeda jauh dengan Peterpan (sebelum berganti Noah) yang membuatku acung dua jempol.

Noah Band New Peterpan

Suara Vokal Ariel
Dalam penjara, ariel mengeluarkan single Dara dengan musik dan suara yang banyak efeknya. Dari lagu tersebut, kiranya kita sudah merasa kalau kualitas suaranya menurun.

Pada album terbaru noah, beberapa pakar musik juga mengungkapkan penurunan kualitas vokal ariel. Ya menurutku juga begitu, coba anda bandingkan dengan suara ariel di Peterpan. Hal ini mungkin karena ia jarang melatih suaranya selama di rutan.

Lirik Lagu Noah
Untuk urusan vokal sebenranya tidak terlalu ku permasalahkan, yang aku sesalkan adalah lirik-lirik lagu di album terbarunya. Sebagai catatan, aku menjadi penggemar ariel karena aku menyukai lirik yang diciptakannya, sebuah ungkapan hati atas perlawanan terhadap kenyataan.

Saat bernama Peterpan, kata-kata yang dirangkai ariel menjadi lirik lagu banyak sekali yang mengandung maksud tersirat atau implisit. Jadi kita membutuhkan waktu ekstra untuk menterjemahkan setiap baitnya, ya biarpun terkadang nggak bisa diartikan secara utuh, berkesinambung dengan bait sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan lagu band Noah, baik yang diciptakan ariel maupun lainnya?, apakah kita diharuskan untuk berpikir untuk mengartikan liriknya. Tentu saja tidak karena kata-katanya tersurat, dengan mendengar sekilas saja kita bisa mengetahui secara keseluruhan maksudnya.

Menafsirkan Lirik Lagu Tersirat
Untuk mengartikan arti lirik sebuah lagu, kita harus dapat mengartikan tiap baitnya hingga menjadi suatu kalimat sempurna yang bisa dimengerti. Kerap kali, kata-katanya juga tumpang tindih atau loncat-loncat. Namun itu tidak masalah, kita hanya membutuhkan waktu lebih untuk memahaminya.

Yang menjengkelkan ketika kita tidak dapat mengartikan salah satu baris dari bait karena tidak masuk akal dan tidak sinkron sama sekali. Hmm hanya penciptanya yang tahu, tapi wajar saja namanya juga seni.

Sekian dululah untuk opiniku yang memberikan kritik terhadap Noah khususnya Ariel terkait suara vokal dan lirik lagunya. Semoga dia membaca tulisanku ini dan membenahi apa yang seharusnya diperbaiki.
gabayar
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.