Tidur Lebih Awal Bisa Berakibat Serangan Jantung

Tidur lebih awal biasanya dilakukan jika esok harinya mempunyai jadwal yang sudah direncanakan. Bermanfaat jika anda khawatir bangun telat, maupun istirahat yang cukup untuk acara yang padat.

Tapi tahukah anda, pria dewasa yang biasanya suka tidur lebih awal mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi terkena masalah jantung.

tidur lebih awal

Dilansir dari thesun.co.uk (31/08/2016), studi mengatakan orang-orang yang tidur lebih cepat cenderung menderita tekanan darah tinggi. Mereka juga sering menderita tidur buruk di malam hari.

Para ahli mengatakan cepat lelah bisa menjadi tanda peringatan utama mengembangkan tekanan darah tinggi. Dalam kondisi tersebut, rata-rata, mereka pergi tidur 18 menit lebih awal dari orang dewasa yang sehat.

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, adalah salah satu pemicu utama untuk serangan jantung dan stroke.

Studi Jepang mengambil sampel 2.400 orang dewasa dan dipresentasikan pada konferensi jantung terbesar dunia di Roma. Para peneliti mengatakan tekanan darah tinggi dapat mengganggu blok tubuh (body block) normal seseorang, membuat mereka lebih lelah, tetapi tidak dapat tidur dengan baik. Atau mereka mungkin hanya mudah lelah sebagai akibat dari tidak sehat.

Tim tersebut sekarang berencana meneliti apakah tidur lebih malam dapat membantu pasien.

Berbicara pada European Society of Cardiology (ESC) Congress di Roma, pemimpin peneliti Dr Nobuo Sasaki, dari Hiroshima Atomic Bomb Casualty Council, mengatakan: "tidur dini dikaitkan dengan tekanan darah tinggi yang independen dari apa pun".

"Hal itu mungkin mempengaruhi irama sirkadian [internal body clock]".

Dan tinggal di tempat tidur tidak membantu mengurangi tekanan darah, seperti halnya kondisi orang-orang yang gagal mendapatkan tidur lebih banyak.
gabayar
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.