Analisis Email Phising Penipuan Akun Paypal

Pengertian Phising
Kata phising berasal dari fishing, yang berarti memancing, maksudnya memancing informasi keuangan dan kata sandi kepada korban.

email phising paypal

Dalam ilmu komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan.

Phishing (dikenal juga sebagai carding atau spoofing) adalah email yang berusaha untuk secara curang memperoleh informasi data pribadi dari Anda, seperti kata sandi akun atau informasi kartu kredit. Sekilas, email tersebut tampak seperti berasal dari perusahaan atau individu yang tepercaya, tetapi bukan.

Contoh Email Penipuan Akun Paypal
Dua hari ini, di kotak spam gmailku ada dua pesan paypal mencurigakan. Isinya bilang ada aktifitas login mencurigakan dari IP rusia, untuk itu aku disuruh mengklik link login yang disediakan. Lalu disuruh memperbarui informasi akun, diberi waktu tiga hari. Jika tidak, akunku dibanned selamanya, WOW serem banget ha ha.

Awalnya aku menghiraukannya, tapi penasaran juga dan takut terjadi sesuatu dengan akun paypalku. Darpida terkena jebakan situs berbahaya, langsung saja menuju ke situs resmi paypal.com. Cari info juga seputar email phising akun paypal buat wawasan.

contoh email phising

dari: Support <paypal@support.com> lewat mail.siteskins.net
kepada: xyz@gmail.com
tanggal: 2 September 2016 23.32
perihal: account notification by support
dikirim oleh: mail.siteskins.net
enkripsi: siteskins.net tidak mengenkripsi pesan ini

view your recent activity and update your informations
Hello PayPal User,
Check your recent activity by logging in now. we have detected different logins to your account from different country

Ip logging: country: Statement Date:
80.155.20.45 Russia 31 August 2016

What you do?
Open your account by clicking to "login" button, and remember to update your informations after logging in.
We will give you 3 days to update your informations or we will suspend your account forever.

Login and update your informations

Analisis Email Phising Mengatasnamakan Paypal
1. Keamanan gmail sangat bagus, alhasil pesan tersebut masuk ke spam. Dari sini sudah sangat mencurigakan, jadi jangan pernah mengklik link apapun maupun membalasnya.

2. Karena tidak biasa, google juga memberi peringatan. "Berhati-hatilah dengan pesan ini. Pesan serupa pernah digunakan untuk mencuri informasi pribadi orang-orang. Jangan klik tautan atau membalas dengan menyertakan informasi pribadi, kecuali Anda memercayai pengirimnya."

3. Di bagian pengirim, ada pihak perantara, 'lewat' (pelajari maksudnya). Padahal website-website ternama tidak menggunakan pihak ketiga untuk mengirim pesan.

4. Pengirim paypal@support.com agak mencurigakan, dan kalau dilogika seharusnya support@paypal.com.. Selain itu, selama ini email yang aku dapat dari paypal, pengirimnyaPayPal <service@intl.paypal.com>.

5. Penggunaan tata bahasanya bagus, hanya saja pesannya sangat mengancam.

Identifikasi tautan link di email phising, bisa anda pelajari di very unusual paypal phishing attack.

Solusi Mencegah Kejahatan Online Akun Paypal
Di website resminya paypal.com/id/webapps/mpp/phishing, ada banyak kiat-kiat untuk mewaspadai phisisng, baik situs maupun sms dan email mencurigakan. Selanjutnya jika anda mendapat pesan atas nama paypal yang mencurigakan, harap melaporkannya ke spoof@paypal.com.

Di pihak gmail, untuk mencegah email phising bisa dibaca di support.google.com/mail/. Untuk membantu memerangi para phishers, pada sebelah kanan tombol Balas, pilih Laporkan Phising.

Demikian pengalaman mendapat email phising modus penipuan akun paypal. Dan sekalgi lagi, jangan pernah mengklik tautan link maupun membalasanya jika anda menganggap sebuah email mencurigakan.

kredit arti phising id.wikipedia.org dan support.apple.com
gabayar
Subscribe To Get Best Articles!

Jika menurut kalian artikel di blog ini berkualitas dan bermanfaat, silahkan berlangganan artikel terbaru melalui pesan masuk email anda secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.